VTV Globe Valve

Umumnya, valve sering dipasangkan pada pipa guna membuka atau menutup suatu aliran. Selain itu, ada juga valve yang sekaligus digunakan untuk mengatur sedikit banyaknya jumlah aliran. Jenis valve yang dimaksud adalah globe valve. Lalu, apa itu globe valve dan bagaimana cara kerjanya sehingga dianggap penting dalam sistem perpipaan? Artikel kali ini akan membahas pengertian Globe Valve secara rinci. BJMS Jual Globe Valve Dengan Berbagai Material, Size & Connection.

Tidak lupa kami juga akan menerangkan tentang cara kerjanya guna menambah pemahaman Anda. Mari simak penjelasannya hingga akhir artikel ini!

Baca Juga : Jual VTV Globe Valve For Steam Cast Iron PN16 – 2 Inch di Tokopedia

Pengertian

Globe valve adalah jenis valve yang sistem penutupnya ke arah bawah. Dengan arah gerak linier, bukan hanya dapat membuka dan menutup aliran secara penuh, melainkan juga bisa digunakan untuk mengatur debit aliran.

Inilah yang jadi perbedaan globe valve dan gate. Karena gate valve hanya dapat digunakan untuk membuka dan menutup aliran saja.

Fungsi globe valve adalah untuk mengontrol aliran pada pipa. Namun pengaplikasiannya harus benar-benar mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain range control aliran dan penurunan pressure. Tujuannya untuk menghindari terjadinya kegagalan system.

JENIS GLOBE VALVE

Aplikasi Penggunaan Globe Valve

Globe valve sering dirancang sebagai stopping. Artinya cara kerja nya memungkinkan untuk menutup aliran secara penuh hinga benar-benar rapat. Bagian untuk menutup tersebut disebut dengan disk atau piringan. 

Nantinya, disk inilah yang akan bergerak naik turun guna menutup aliran pada globe valve. Pergerakan disk-nya tidak terlalu cepat sehingga dapat dikontrol dengan baik melalui handwheel yang ada pada bagian globe valve steam.

Umumnya, disk memiliki tekanan diferensial (differential pressure) maksimum tidak melebihi 20% dari maksimum upstream (sekitar 200psi atau 1380kPa). Meski begitu, ada beberapa jenis globe valve yang terkadang mampu bekerja melebihi tekanan itu. Walau angka penurunan tekanannya sedikit lebih tinggi dibanding jenis valve lain, globe valve juga dapat difungsikan sebagai isolating dan memperlambat aliran (throttling). 

Berkat kemampuan rekatnya yang sangat baik dalam menahan kebocoran, globe valve sering dipakai sebagai katup kontrol untuk kebutuhan operasi tekanan tinggi atau volume aliran yang lebih besar.

Baca Juga : Jual VTV Gate Valve Cast Iron PN16 – 12 Inch di Tokopedia

Butuh Penawaran Dan Harga Terbaik Untuk VTV Globe Valve ?

kami PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA dapat memberikan penawaran terbaik untuk Anda para PEMILIK BISNIS. Hubungi kami di WA 082160307043 atau seller@bjmsgroup.com

PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA merupakan Perusahaan distributor Valve dan Instrument.PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA merupakan perusahaan yang berkembang pesat dalam dunia industri terkenal (instrument & mechanical).

OUR WEBSITE AND ONLINE STORE :

www.bjmsgroup.com

www.bjmsonline.com

https://www.tokopedia.com/bjmsonline

———————————————————————————————————

seller@bjmsgroup.com | 082160307043 (whatsapp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *