Perbedaan Flange JIS & ANSI

ANSI (American National Standard Institute) 

Apa itu JIS & ANSI?
American National Standards Institute (ANSI) didirikan pada tahun 1919 yang sebenarnya merupakan Non-Profit Organization. ANSI adalah organisasi yang mengawasi pengembangan standar untuk produk, sistem, proses, layanan, dan personel di Amerika Serikat. Ruang lingkup ANSI sangatlah luas dan salah satunya adalah Standar Kesesuaian Industri. Saat ini ANSI mempromosikan standar dan kebijakan hampir untuk segala hal mulai dari Energi Nuklir hingga keamanan dalam negeri. 

Dalam komponen Flange yang menjadi pembahasan utama pada artikel ini, terdapat perbedaan antara tekanan pada standar ANSI dan JIS. Tekanan standar pada ANSI dimulai dari ANSI 150, ANSI 300, ANSI 400, ANSI 600, ANSI 900, ANSI 1500 dan ANSI 2500. Mengacu pada peringkat Flange. Istilah-istilah ini digunakan juga pada komponen perpipaan lain seperti pada Valve dan Fitting.

Baca Juga : VTV Globe Valve | Pengertian Dan Cara Kerjanya

Jenis-jenis flange milik ANSI mencakup seluruh jenis flange yang ada: 

1.Slip On

2.Weld Neck

3.Blind

4.Lap Joint

5.Threaded

6.Socket Weld

Industri dan Aplikasi Pada ANSI

Kekuatan dan daya tahan pada standar ANSI untuk Flange dapat diaplikasikan pada semua jenis industri domestik dan internasional. Industri dan aplikasi Standar ANSI secara umum meliputi:

  1. Pemrosesan dan pembuatan makanan (ANSI-NSF adalah keluarga spesifikasi unik yang aman untuk makanan)
  2. Valve, Fitting, dan pompa industri 
  3. Saluran air dan sistem perpipaan saluran di perkotaan
  4. Sistem pemanas dan penukar panas
  5. Sistem perpipaan dan Jasa
  6. Jasa proteksi kebakaran
  7. Pembangkit listrik dan industri tenaga nuklir
  8. Produksi rakitan minyak, gas, dan kimia

JIS (Japanese Industrial Standard)

Apa itu JIS & ANSI? Selain standar ANSI, Flange yang banyak beredar di Indonesia juga beberapa menggunakan standar JIS (Japanese Industrial Standards). JIS merupakan serangkaian peraturan kualitas yang diakui oleh badan nasional di Jepang.

Proses standarisasinya dikoordinasikan terlebih dahulu oleh komite standar industri Jepang, kemudian diterbitkan melalui asosiasi standar Jepang.

Untuk macam macam class yang banyak beredar menggunakan standar JIS yaitu 5K, 10K, 16K, dan 20K. Pada umumnya material yang digunakan antara lain yaitu carbon steel, stainless steel, bronze atau brass, WCB, cast iron, dan ductile iron. Material yang digunakan juga perlu diperhatikan sesuai dengan kebutuhan.

Tidak berbeda dengan Standard Flange ANSI, begitu pula dengan JIS yang menerapkan standard pada seluruh jenis Flange yang ada yaitu Slip on, Weld Neck, Blind, Lap Joint, Threaded dan Socket Weld.

Baca Juga : Jual VTV Gate Valve Cast Iron JIS 10K – 10 Inch di Tokopedia

kami PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA menyediakan berbagai Valve dengan Flange ANSI & JIS seperti Globe Valve, Gate Valve, Check Valve, Strainer Valve.

PT. Budijaya Makmursentosa dapat memberikan penawaran terbaik untuk Anda para PEMILIK BISNIS. Hubungi kami di WA 082160307043 atau seller@bjmsgroup.com

PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA merupakan Perusahaan distributor Valve dan Instrument.PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA merupakan perusahaan yang berkembang pesat dalam dunia industri terkenal (instrument & mechanical).

OUR WEBSITE AND ONLINE STORE :

www.bjmsgroup.com

www.bjmsonline.com

https://www.tokopedia.com/bjmsonline

———————————————————————————————————

seller@bjmsgroup.com | 082160307043 (whatsapp)

Perbedaan Flange JIS & ANSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *