sterilizer pabrik kelapa sawit

Di pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit (Pabrik Kelapa Sawit), ada beberapa stasiun kerja. Salah satunya yang mau kita bahas saat ini adalah Stasiun Sterilizer buah sawit (Rebusan).

Rebusan Pabrik Kelapa Sawit (sterilizer) adalah bejana bertekanan yang menggunakan uap (steam)  dengan tekanan sekitar 3,0 kg/cm2, dimana uap ini digunakan untuk merebus buah kelapa sawit yang ada di dalam  tandan buah segar (TBS) sawit.

Baca Juga : Cara Memilih Pressure Gauge Yang Tepat

Perkenalan tentang Sterilizer Pabrik Kelapa Sawit di Pabrik Kelapa Sawit

Perebusan Buah Sawit di Sterilizer pabrik kelapa sawit (Rebusan Uap) mempunyai beberapa tujuan dan tahapan supaya dapat diperoleh hasil yang terbaik dan sesuai spesifikasi (standard yang ditetapkan). Dan jika proses perebusan berjalan dengan baik dan sempurna, maka losses (kehilangan minyak pabrik sawit) dapat dikurangi.

Tujuan dari perebusan adalah:

  1. mempermudah proses pelepasan brondolan buah sawit dari tandan buah segar (TBS)
  2. Menghilangkan enzim penghasil asam lemak bebas (ALB) atau Free Fatty Acid (FFA)
  3. Mempermudah proses pelepasan inti sawit (kernel) dari cangkangnya
  4. dehidrasi buah untuk membantu proses digesting/ pelumatan (di mesin digester)  dan pengepressan di mesin screw press  serta mengurangi kadar air pada brondolan sawit.
  5. Untuk membantu proses pemecahan emulsi
  6. Supaya serat (fibre) dan biji (nut) mudah terlepas

Rebusan yang kita bahas dalam artikel ini adalah bejana uap silindris horizontal dengan pintu pada kedua ujungnya (ukuran pintu rebusan horizontal ini bervariasi, ada ukuran diameter 2100 mm, 2700mm, 2800mm dan 3200mm ), dimana lori buah sawit ini dimasukkan dari salah satu pintu (ujung rebusan sawit) dan mengeluarkannya dari pintu lainnya (ujung rebusan sawit lainnya), setelah itu dilakukan proses perebusan / sterilisasi dengan menggunakan uap (steam ) dari Back Pressure Vessel (BPV). Dan Temperatur uap pada pipa inlet sekitar 130-135 °C sedangkan temperatur dalam rebusan sawit (sterilizer) 135 °C.

sterilizer pabrik kelapa sawit

Tahapan Proses Perebusan Buah Sawit

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan oil losses (kehilangan minyak) yang minimum maka proses perebusan dilakukan dengan sistem perebusan 3 puncak (Triple Peak sterilization) dan waktu yang digunakan untuk 1 siklus (1 cycle) adalah 90 menit yang dibagi dalam 3 tahap :

  1. First peak (puncak pertama) dengan tekanan sampai 1,5 Kg/cm2(20 Psi)
  2. Second peak (puncak kedua) dengan tekanan sampai 2,0 Kg/ cm2(30 Psi)
  3. Third peak (puncak ketiga) dengan tekanan sampai 2,8-3,0 Kg/ cm2(40 Psi)

Baca Juga : Gate Valve | Pengertian, Fungsi & Cara Kerjanya

Butuh Penawaran Dan Harga Terbaik Untuk Valve & Instrument di Sterilizer Anda ?

kami PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA dapat memberikan penawaran terbaik untuk Anda para PEMILIK BISNIS. Hubungi kami di WA 082160307043 atau seller@bjmsgroup.com

PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA merupakan Perusahaan distributor Valve dan Instrument.PT. BUDIJAYA MAKMURSENTOSA merupakan perusahaan yang berkembang pesat dalam dunia industri terkenal (instrument & mechanical).

OUR WEBSITE AND ONLINE STORE :

www.bjmsgroup.com

www.bjmsonline.com

https://www.tokopedia.com/bjmsonline

———————————————————————————————————

seller@bjmsgroup.com | 082160307043 (whatsapp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *